Saturday, September 24, 2011

Tugas Pertama Knowledge Management (12092011)


Perbandingan KM menutut  Nonaka dan Takeuchi, dan Amrit Tiwana

Knowledge Management merupakan suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.
  
1.                          Knowledge Management menurut Nonaka dan Takeuchi
Secara garis besar, didalam knowledge management dikenal dengan adanya Tacit Knowledge dan Explicit Knowledge. Dalam bahasa sehari-hari, Tacit Knowledge berarti ilmu pengetahuan atau pengalaman yang didapatkan seseorang melalui kegiatan yang dilakukan sehari-hari didalam melakukan suatu bidang pekerjaan. Tacit knowledge akan hilang begitu saja apabila orang yang bersangkutan tidak membagikan ilmunya kepada orang lain (transfer knowledge) atau tidak didokumentasikan dengan baik dalam bentuk hard/soft copy.
Sedangkan Explicit Knowledge adalah lebih kepada bagaimana ilmu pengetahuan tersebut didokumentasikan dengan baik, sehingga dapat tersimpan dengan sempurna dan tidak hilang begitu saja. Bentuk atau media penyimpanan bisa berupa hard/soft copy.
Nonaka dan Takeuchi (1995) menjelaskan hubungan tacit knowledge dan explicit knowledge melalui empat jenis proses konversi, yaitu menggunakan metode SECI (Socialization, Externalization, Combination dan Internalization).
Socialization  :
Metode ini lebih kepada pengalaman seseorang (tacit knowledge). Maksudnya disini adalah, seseorang yang memiliki pengalaman diharapkan mau membagikan pengalaman atau ilmu yang didapat tersebut kepada orang lain (sharing knowledge). Bentuk sharing knowledge bisa berbagai cara, misalnya: melalui seminar, diskusi kelompok, menjadi motivator dan masih banyak lagi.
Externalization
Singkatnya adalah Tacit to Explicit. Ini lebih kepada bagaimana ilmu yang sudah di-sharing-kan tersebut didokumentasikan dengan baik sehingga dapat rapi tersimpan dengan sempurna. Bentuknya bisa berupa: ebook, perpustakaan, jurnal dan masih banyak lagi.
Combination 
Mengandung arti bahwa dari dokumen yang sudah ada tersimpan sebelumnya, kandungan materi atau isinya bisa diubah (ditambah/dikurangi) menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Dengan demikian, sejumlah teori ilmu-ilmu yang tersimpan tersebut akan semakin bertambah baik lagi.

Internalization
Ini lebih kepada bagaimana seseorang tersebut belajar atau mempelajari hal-hal baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Sehingga dia akan memperoleh ilmu pengetahuan baru untuk menunjang karir pekerjaannya.

           Knowledge Management menurut Amrit Tiwana
Amrit Tiwana (1999) mendefinisikan knowledge management secara luas dalam arti memanajemeni pengetahuan sebagai “ …management of organizational knowledge for creating business value and generating a competitive advantage.” KM memberikan kemampuan untuk mencipta, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan yang diperlukan dan berguna bagi pencapaian semua jenis tujuan bisnis.
Menurut Amrit Tiwana  “Knowledge management is the ability to create and retain greater value from core business competencies.” KM menyelesaikan masalah bisnis partikular mencakup penciptaan dan penyebaran barang atau jasa inovatif, mengelola dan memperbaiki hubungan dengan para pelanggan, mitra dan pemasok, juga mengadministrasi serta meningkatkan praktek dan proses kerja.

         Perbandingan dari kedua teori diatas:
Knowledge Management menurut Nonaka dan Takeuchi yaitu pengetahuan (knowledge) dalam suatu organisasi/lembaga/perusahaan pada awalnya berasal dari individu, kemudian ditransformasikan ke kelompok, selanjutnya ke organisasi dan akhirnya antar organisasi, yang bertujuan agar pengetahuan tersebut diketahui dan dapat dimanfaatkan.
Sedangkan menurut Amrit Tiwana knowledge management diterapkan pada bisnis untuk pengelolaan dan keperluan pencapaian dari tujuan bisnis tersebut.



Referensi
http://nadzkuraka.blogspot.com (diakses 17 september 2011)
http://kelompok3bol.wordpress.com (diakses 17 september 2011)
http://sumedana12.wordpress.com (diakses 17 september 2011)

No comments:

Post a Comment